Pesona Alam Surga Tersembunyi Ranu Kumbolo di Pegunungan Semeru

Suasana pagi di danau Ranu Kumbolo - TNBTS
Suasana pagi di danau Ranu Kumbolo - TNBTS
Keindahan alam Ranu Kumbolo yang sangat mempesona dan eksotis masih sangat menarik di mata banyak orang. Malam hari di Ranu Kumbolo akan selalu bertabur bintang yang terlihat dengan jelas diatas langitnya. Menunggu terbitnya matahari adalah waktu yang sangat dinantikan bagi setiap sobat yang mengunjunginya. Momen ini tidak bisa terlupakan dan merupakan momen yang membuat setiap pengunjung Ranu Kumbolo ketagihan untuk bisa datang lagi.

Danau yang terletak di lereng gunung semeru bernama Ranu Kumbolo ini merupakan sebuah destinasi tujuan kami saat liburan kali ini. Kawasan Ranu Kumbolo memiliki luas sekitar 15 hektare dan berada di ketinggian 2390 mdl sekaligus menjadikannya sebagai danau tertinggi di Jawa Timur. Ranu Kumbolo merupakan danau yang menjadi tujuan para pendaki (pos 2 setelah Ranu Pani) untuk beristirahat atau transit bermalam sebelum menuju ke Puncak Mahameru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Pintu gerbang menuju Ranu Kumbolo di Coban Trisula
Pintu gerbang menuju Ranu Kumbolo di Coban Trisula
Ranu Kumbolo yang masuk dalam kawasan TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) selalu menjadi magnet para pendaki setiap harinya. Ribuan orang datang untuk mencari ketenangan dan menikmati keindahan Ranu Kumbolo. Demi menjaga ekosistem dan kelestarian alam di kawasan ini, maka resort TNBTS memberlakukan sistem kuota. Kuota pendaki Ranu Kumbolo dibatasi sampai dengan 500 orang saja setiap harinya. Tim MalangMbois yang datang saat weekend atau akhir pekan harus rela mengundurkan jadwalnya hingga esok harinya karena datang terlambat dan kehabisan kuota.

Persiapan yang dilakukan saat sebelum mendaki Ranu Kumbolo
Persiapan yang dilakukan saat sebelum mendaki Ranu Kumbolo
Jika sobat berniat untuk mengunjungi Ranu Kumbolo ada beberapa persiapan yang wajib sobat lakukan, diantaranya adalah:

1. Persiapan mental dan fisik

Banyak pendaki pemula yang menganggap kegiatan mendaki adalah sesuatu yang menyenangkan dan mudah sehingga tidak terlalu ambil pusing dengan persiapan mental. Padahal selain menyenangkan, kegiatan ini juga menguras kekuatan fisik yang akhirnya berimbas pada jatuhnya mental. Maka sudah seharusnya persiapan mental dan fisik wajib dilakukan. Mantapkan niat sobat jika ingin mendaki. Pikirkan kemungkinan terburuk yang terjadi dan rencanakan solusinya sebelum berangkat. Untuk persiapan fisik kita bisa berlatih fisik dengan berolahraga seperti jogging. Selain itu kita wajib mengkonsumsi makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup serta minum vitamin sebelum mendaki karena perjalanan menuju Ranu Kumbolo berlangsung cukup lama yaitu berkisar antara 5 hingga 6 jam.

2. Bekal atau logistik

Persiapan bekal atau logistik menuju danau Ranu Kumbolo membutuhkan waktu sekitar 2 hari 1 malam. Pastikan sobat membawa makanan dan minuman dengan bobot yang ringan. Makanan seperti sereal, roti dan mie instan sangat disarankan untuk dibawa. Sedangkan  minuman seperti coklat dan kopi maupun teh mutlak dipersiapkan selama berada di Ranu Kumbolo untuk menjaga kesegaran disamping juga wajib membawa air putih yang cukup.

3. Perlengkapan pendakian

Perlengkapan pendakian standar yang wajib dipersiapkan oleh sobat diantaranya adalah tas carier (dengan kapasitas minimal 60 liter), peralatan masak, tenda, matras, sleeping bag, jaket tebal, baju ganti (minimal 2 sampai dengan 3 baju), sepatu treking, perlengkapan P3K, senter dan jas hujan (usakahan yang ringan) bila kita mendaki di musim penghujan.

4. Administrasi

Pendaki yang akan menuju ke Gunung Semeru harus mempersiapkan beberapa hal  terkait administrasi diantaranya adalah surat keterangan sehat dari puskesmas maupun dokter, foto kopi KTP, materai dengan nilai 6 ribu rupiah sebanyak 2 lembar. Sedangkan bagi pendaki anak-anak dengan usia minimal 10 tahun dan belum memiliki KTP dapat menyerahkan fotokopi akte kelahiran serta surat pernyataan dari orang tua.

 follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Pendaki yang datang ke Semeru secara langsung dapat mengisi form surat pernyataan dan form daftar perlengkapan dan logistik selama berada di Ranu Kumbolo. Setelah mengisi form tersebut lalu dilanjutkan mengikuti briefing dari SAVER ( Sahabat Volunter Semeru) untuk mendengar aturan dan pengetahuan seputar pendakian di kawasan TNBTS khususnya semeru.


Diharapkan dari briefing ini pendaki pemula lebih peduli dan bukan hanya sekedar mendaki. Sampah yang dibawa menuju Ranu Kumbolo wajib mereka bawa kembali ke Ranu Pani setelah melakukan pendakian. Setelah mendengar briefing, pendaki diwajibkan membeli tiket masuk pendakian semeru sebesar Rp. 22.500/ hari (weekend) dan 17.500/hari(weekday).

Mulai 1 Juni 2019 Pemesanan tiket online bisa dilakukan melalui website: http://bookingsemeru.bromotenggersemeru.org/
Harga terbaru tiket masuk pendakian semeru sebesar Rp. 24.000/ hari (weekend) dan
Rp 19.000/hari (weekday)

Keadaan di sekitar pos 1 Ranu Kumbolo
Keadaan di sekitar pos 1 Ranu Kumbolo
Selama melakukan pendakian, MalangMbois disuguhi pemandangan yang menajubkan. Lukisan alam yang begitu indah terhampar sepanjang perjalanan. Rimbunnya daun serta hembusan kabut tipis diantara pepohonan membuat kami merasa wajib menambah rasa syukur kepada Sang Pencipta.


Sinyal seluler di jalur pendakian Gunung Semeru hanya ada di POS 1 dan POS 2. Jadi hanya disinilah waktu terakhir pendaki dapat mengabarkan kondisi kepada keluarga tentang pendakian atau bahkan sekedar berganti foto profil secara lancar tanpa gangguan. Sedangkan di POS 3 sinyal seluler tidak stabil sehingga perlu mengulang beberapa kali jika hendak mengirimkan sms atau telpon.

Kabut yang menyapa pengunjung Ranu Kumbolo saat pagi hari
Kabut yang menyapa pengunjung Ranu Kumbolo saat pagi hari
Saat tiba di POS 4 rasa lelah akan terbayar dengan keindahan dan kesejukan yang disajikan. Keindahan Ranu Kumbolo yang terhampar di depan mata dengan disertai hembusan kabut tipis yang melayang di atas air menambah rasa syukur pada Sang Pencipta.

Ranu Kumbolo masih ditutupi sedikit kabut/awan pada saat siang hari
Ranu Kumbolo masih ditutupi sedikit kabut/awan pada saat siang hari
Keindahan alam Ranu Kumbolo yang sangat mempesona dan eksotis pada saat malam yang bertabur bintang terlihat jelas diatas langitnya. Jadi kapan sobat hendak melakukan perjalanan menuju ke Ranu Kumbolo?

*** Malang Mbois ***
Previous
Next Post »