Menyelami Padang Hydrilla di Bawah Air Sumber Sira

Pemandangan asri di Sumber Sira. Foto oleh @n.rohman321
Pemandangan asri di Sumber Sira. Foto oleh @n.rohman321
Ada banyak sumber air yang tersebar di seluruh Malang Raya termasuk beberapa sumber air panas yang berasal dari pegunungan. Wilayah Malang yang berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh banyak pegunungan menjadikan Malang Raya sebagai daerah penyimpan air. Saat ini sudah ada banyak sumber air yang dijadikan sebagai tempat wisata baik yang dikelola oleh warga maupun pemerintah daerah. Salah satu wisata sumber air yang cukup terkenal adalah Sumber Sira yang terletak di kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang. Letaknya berada sekitar 20 Km arah selatan dari pusat kota Malang. Lokasi Sumber Sira cukup tersembunyi karena jarak dari jalan raya cukup jauh melewati permukiman warga serta cukup tertutup oleh rimbunnya pepohonan.

Sumber air yang berasal dari salah satu sudut Sumber Sira. Foto oleh @hedta
Tidak perlu waktu lama untuk sampai di Sumber Sira jika melakukan perjalanan dari Kota Malang. Waktu maksimal hanya satu setengah jam saja (bergantung pada kondisi lalu lintas) kita sudah bisa menikmati keindahan Sumber Sira. Jalur yang dilewati sepanjang perjalanan juga terbilang sangat mudah. Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya sobat mempersiapkan perlengkapan renang dan jangan lupa juga untuk membawa baju cadangan. Dari Kota Malang sobat bisa memulai perjalanan dengan mengarahkan kendaraan menuju ke arah selatan atau tepatnya menuju ke daerah Gadang. Dari Gadang sobat bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Bululawang hingga bertemu dengan persimpangan pabrik gula Krebet. Dari persimpangan tersebut perjalanan dilanjutkan menuju ke arah selatan yang merupakan jalur menuju ke Pantai Balekambang. Lepas dari wilayah Bululawang dan memasuki wilayah Gondanglegi, sobat akan menemukan petunjuk jalan yang mengarahkan kita ke Sumber Sira. Dari jalan utama sobat langsung bisa berbelok ke kanan atau ke arah barat jika menemukan penanda jalan yang menunjukkan lokasi Sumber Sira di desa Putukrejo. Kondisi jalan desa yang dilalui sebelum sampai di Sumber Sira terbilang cukup baik. Namun di ujung jalan mendekati lokasi, jalan yang sebelumnya beraspal akan berubah menjadi jalan berbatu.



Setelah sobat memarkirkan kendaraan di tempat yang disediakan oleh pengelola yang merupakan warga sekitar, sobat harus melanjutkan perjalanan dengan menuruni jalan yang cukup  terjal. Agar bisa masuk, sobat cukup mengeluarkan biaya murah berkisar antara 2 hingga 5 ribu per orang sebagai tiket masuk Sumber Sira dan tidak termasuk biaya parkir kendaraan. Sesampainya di lokasi, sobat bisa melakukan rehat sejenak setelah cukup lelah melakukan perjalanan. Ada beberapa warung yang menyediakan minuman dan makanan ringan yang bisa sobat makan sembari menikmati pemandangan sejuk sawah dan rindang pepohonan di sekitar Sumber Sira.

Air Sumber Sira yang sangat jernih ditumbuhi oleh banyak Hydrilla. Foto oleh @arokii
Jernihnya air sumber disertai dengan pemandangan hijau dari hydrilla yang tumbuh subur di dalamnya membuat sobat tidak sabar untuk berenang dan menyelami keindahan Sumber Sira ini. Sobat bisa menyewa pelampung berupa ban yang disediakan oleh warung yang ada di sekitar yang harga sewanya tidak terlalu mahal. Setelah berganti baju di toilet yang tersedia, sobat bisa langsung berenang dan menyelam ke dalam kolam Sumber Sira. Kedalaman Sumber Sira berkisar antara 150 hingga 200cm dengan dasar kolam berupa lumpur halus bercampur dengan kerikil-kerikil kecil. Dari dalam air yang jernih, sobat bisa melihat dasar kolam yang berupa lumpur halus dengan sangat jelas. Air yang jernih tidak pernah berhenti mengalir dari sumber air yang berasal dari rimbunnya pepohonan di salah satu sudut kolam. Aliran air ini dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai irigasi yang mengairi lahan pertanian yang ada di sekitar Sumber Sira. Dari aliran sumber air ini kita bisa menemui hamparan tumbuhan air hydrilla yang tumbuh subur dengan warna hijau yang mencolok.

follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Jika sobat memiliki gadget kamera yang bisa diajak untuk menyelam, maka Sumber Sira merupakan salah satu spot bawah air terbaik untuk mengabadikan momen saat sobat menikmati keindahannya. Jika kamera sobat tidak tahan air, di sekitar Sumber Sira juga terdapat banyak pedagang yang menyediakan pelindung gadget agar tidak kemasukan air. Pelampung yang kita sewa sebelumnya juga bisa kita gunakan untuk meluncur mengikuti aliran air yang mengalir menuju area persawahan warga. Aliran air tidak terlalu deras sehingga aman jika digunakan untuk meluncur.

Sumber Sira merupakan salah satu spot bawah air terbaik. Foto oleh @intan_ardiansyah
Keindahan wisata air Sumber Sira yang terasa sangat alami dengan letaknya yang jauh dari keramaian membuatnya sebagai tempat terbaik untuk mencari ketenangan dari hingar bingar aktifitas keseharian sobat. Ditambah lagi dengan biaya masuk yang terbilang nyaman di kantong dan letaknya yang sangat mudah untuk dijangkau, Sumber Sira merupakan salah satu wisata air yang kami rekomendasikan. Jadi dengan apa yang ditawarkan Sumber Sira ini, jangan ragu untuk berkunjung ke sini jika liburan tiba.

***  MalangMbois  ***
Previous
Next Post »