Spot Selfie Unik di Kampung Tridi

Tugu Kampung Tridi. Foto oleh @95mdpl
Tugu Kampung Tridi. Foto oleh @95mdpl
Menyusul Kampung Warna-warni yang sebelumnya sudah terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang, Kampung Tridi mencoba untuk memberikan alternatif baru destinasi dengan tema serupa. Kampung Tridi terletak di kelurahan Kesatrian, Kecamatan Blimbing Kota Malang dan bertetangga dengan Kampung Warna-warni dengan dipisahkan oleh sungai Brantas. Kampung Tridi berada di sebelah utara, sedangkan Kampung Warna-warni di sebelah selatan dari sungai Brantas. Keduanya juga dihubungkan dengan sebuah jembatan kaca sepanjang 25 meter dan lebar 1,25 meter.


Letaknya yang berada di pusat Kota Malang membuat Kampung Tridi mudah untuk di akses. Kampung Tridi berdekatan dengan Stasiun Kota Baru dan berjarak tidak lebih dari 1 KM saja. Kita bisa menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Kendaraan roda dua bisa diparkirkan di sekitar Kampung Tridi. Sedangkan untuk kendaraan roda empat harus diparkir di sebelah selatan Kampung Tridi dan berjalan beberapa meter melewati jembatan Embong Brantas atau bisa juga masuk melalui Kampung Warna-warni dan menyeberangi jembatan kaca yang menyambungkan kedua lokasi tersebut. Harga tiket masuk ke Kampung Tridi sangat murah, hanya dibawah 5 ribu rupiah per orang dan membayar tiket parkir untuk kendaraan yang kita bawa. Sobat bisa melihat peta di bawah ini untuk melihat lokasi dari Kampung Tridi;
Sebuah lorong di Kampung Tridi. Foto oleh @erlyhaa
Sebuah lorong di Kampung Tridi. Foto oleh @erlyhaa




Kampung Tridi memiliki konsep sangat mirip dengan Kampung Warna-warni. Yang membedakannya adalah adanya mural yang berkonsep tiga dimensi. Kampung Tridi menjadi spot bagus bagi para pemburu tempat untuk berswafoto. Ada banyak gambar menarik yang bisa digunakan untuk berswafoto atau berfoto bersama. Jika sobat pernah berkunjung ke Kampong Glam yang ada di Singapura, maka sobat pasti menilai bahwa Kampung Tridi ini tidak kalah keren dengan tempat wisata di negeri singa tersebut. Di Kampung Tridi sobat sudah bisa mendapatkan pengalaman wisata seperti di Kampong Glam, tidak perlu jauh-jauh datang ke Singapura dan tentunya sangat hemat.

follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Beberapa gambar mural yang ada di Kampung Tridi diantaranya adalah beberapa gambar binatang seperti hiu, dinosaurus dan gorila. Selain itu ada pula beberapa profil yang menggambarkan karakter superhero diantaranya adalah Hulk dan Thor. Disamping itu ada pula gambar mural landmark seperti tembok besar cina dan juga menara Eifel.

Salah satu mural berbentuk sayap kupu-kupu di Kampung Tridi. Foto oleh @ahmadnrslm
Salah satu mural berbentuk sayap kupu-kupu di Kampung Tridi. Foto oleh @ahmadnrslm
Kampung Tridi akan banyak dikunjungi pada saat akhir pekan maupun hari libur. Animo masyarakat yang masih penasaran dengan bentuk dan isi dari Kampung Tridi tetap tinggi meskipun tempat wisata ini sudah cukup lama diresmikan. Kebanyakan wisatawan merupakan orang-orang yang berasal dari luar kota yang melihat berbagai postingan mengenai Kampung Tridi dari media sosial dan tertarik untuk datang.

Setiap rumah warga Kampung Tridi tidak ada yang luput dari lukisan mural. Foto oleh @arizkyanna
Setiap rumah warga Kampung Tridi tidak ada yang luput dari lukisan mural. Foto oleh @arizkyanna
Adanya perubahan tampilan dari kampung yang dulunya terkenal padat dan kumuh kini berubah jadi tempat wisata unik yang penuh warna, sedikit banyak juga mempengaruhi warga atau masyarakat sekitar. Status Kampung Tridi sebagai tempat wisata kini turut merubah taraf perekonomian warga dengan menyerap banyak tenaga kerja dari warga sekitar yang menjadi pengelola tempat wisata. Kampung Tridi banyak di dukung oleh pemerintah kota yang kini sedang menggalakkan sektor pariwisata. Dengan adanya Kampung Tridi dan Kampung Warna-warni ini menjadi ide bagus yang bisa mengangkat perekonomian warga sekaligus merubah wajah kota dan meningkatkan pendapatan pada sektor pariwisata.

***  MalangMbois  ***
Previous
Next Post »