Mencari Ketenangan di Pantai Mungil Goa Patuk Ilang

Pantai Goa Patuk Ilang merupakan salah satu pantai mungil di Kawasan Ngliyep. Foto oleh @kodokx
Pantai Goa Patuk Ilang merupakan salah satu pantai mungil di Kawasan Ngliyep. Foto oleh @kodokx
Kawasan Ngliyep memang menyimpan banyak pantai di dalamnya. Yang terkenal diantaranya tidak lain adalah Pantai Ngliyep dan Pasir Panjang. Tapi sebagian orang mungkin tidak mengetahui kalau di Kawasan Ngliyep juga menyimpan dua pantai mungil yang cukup tersebunyi, yaitu Pantai Teluk Putri dan Pantai Goa Patuk Ilang. Kali ini kami membahas Pantai Goa Patuk ilang yang merupakan pantai mungil yang memiliki sebuah goa kecil.

Artikel ini adalah artikel lanjutan yang membahas tentang pantai-pantai yang lokasinya berada di Kawasan Ngliyep. Jika sobat ketinggalan dengan bahasan lain tentang Pantai Ngliyep, Teluk Putri dan Pantai Watu Lawang serta Gunung Kombang, sobat bisa membacanya melalui tautan yang ada di bawah ini;
Beberapa pohon berjajar di sekitaran Pantai Goa Patuk Ilang. Foto oleh @khakim_sr
Beberapa pohon berjajar di sekitaran Pantai Goa Patuk Ilang. Foto oleh @khakim_sr
Lokasi Pantai Goa Patuk Ilang yang masih berada dalam satu kawasan dengan Ngliyep memiliki rute yang sama. Seperti yang sudah disebutkan di artikel sebelumnya, dua rute yang bisa sobat tempuh adalah sebagai berikut;

Rute 1 : Malang - Kepanjen - Pagak - Donomulyo - Ngliyep
Rute 2 : Malang - Pakisaji - Sumberpucung - Karangkates - Donomulyo - Ngliyep



Sesampainya di lokasi, sobat bisa langsung membayar tiket masuk di loket pembayaran. Harga tiket masuk dan parkir di Kawasan Ngliyep menjadi satu dan tidak dipungut biaya tambahan untuk bisa masuk ke pantai-pantai yang ada di dalamnya sebesar 10 ribu rupiah saja per orang ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Dari arah pintu masuk setelah loket pembayaran, sobat harus mengarahkan kendaraan ke arah timur menuju Pantai Ngliyep. Kendaraan sobat bisa diparkir di lokasi parkiran Pantai Ngliyep atau jika tidak ingin berjalan kaki bisa membawanya mendekati Pantai Goa Patuk Ilang. Dari tempat parkir sobat bisa mengikuti jalanan beraspal dan berhenti tepat di pantai mungil sebelah kanan sebelum Pantai Watu Lawang. Selain jalur beraspal, sobat juga bisa melalui rute bukit melalui Pantai Ngliyep dan Pantai Teluk Putri. Tapi khusus jalur ini hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Di jalur ini kita bisa sekaligus mampir ke Pantai Ngliyep dan Pantai Teluk Putri. Pantai Goa Patuk Ilang akan sobat temukan setelah menaiki bukit dan menelusuri sedikit hutan.
Terlihat banyak batuan terumbu karang yang muncul ketika air sedang surut. Foto oleh @ekanapermatasari
Terlihat banyak batuan terumbu karang yang muncul ketika air sedang surut. Foto oleh @ekanapermatasari
Sesampainya di Pantai Goa Patuk Ilang sobat akan menemukan sebuah pantai kecil dengan suasana tenang dan beberapa pohon kelapa berada di pinggiran pantai. Pantainya memiliki pasir yang lembut dan bersih. Kumpulan karang akan terlihat ketika air sedang surut dan kita bisa menjumpai banyak biota laut yang terperangkap di dalamnya, diantaranya adalah kepiting, berbagai macam ikan, bintang laut, bulu babi dan lain sebagainya. Kita bisa bermain air dengan teman, keluarga atau pasangan sambil menangkap berbagai jenis ikan kecil di sekitar pantai karena airnya yang tidak terlalu dalam. Jika berniat untuk berenang, di Pantai Goa Patuk Ilang masih memungkinkan dengan tetap memperhatikan batas dan berhati-hati dengan tajamnya karang.
Mengamati biota laut yang terperangkap di karang bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Foto oleh @chanyen913
Mengamati biota laut yang terperangkap di karang bisa menjadi kegiatan yang mengasyikkan. Foto oleh @chanyen913
Disamping kegiatan umumnya di pantai, sobat bisa menjelajahi sebuah goa yang ada di pantai tersebut. Goa tersebut tidak lain adalah Goa Patuk Ilang. Goa ini terletak di arah barat atau sebelah kanan dari pantai. Ukuran goa termasuk kecil dan tidak terlalu dalam dengan mulut goa hanya selebar 1 meter saja. Jalur menuju goa juga sudah termasuk baik karena sudah di bangun oleh pemerintah dan pengelola pantai.

Pantai Goa Patuk Ilang terasa seperti pantai pribadi karena masih sepi pengunjung. Tidak banyak pengunjung Kawasan Ngliyep yang tahu ada pantai mungil di sela-sela pantai yang umumnya sudah banyak dikunjungi. Bagi sobat yang suka ketenangan dengan suasana alam, Pantai Goa Patuk Ilang ini merupakan tempat yang tepat. Sepinya pengunjung membuat Pantai Goa Patuk Ilang ini menjadi tempat tepat untuk bersantai bersama teman, keluarga atau pasangan.

**** Malang Mbois ****
Previous
Next Post »