Pantai Ngliyep Yang Asyik Untuk Bersantai

Salah satu spot bersantai yang ada di Pantai Ngliyep. Foto oleh @occhie_zev
Salah satu spot bersantai yang ada di Pantai Ngliyep. Foto oleh @occhie_zev
Pantai Ngliyep merupakan pantai yang sudah lama dikenal keberadaannya bagi sebagian besar wisatawan yang datang ke Malang. Pantai yang ada di Dukuh Ngliyep Kecamatan Donomulyo - Kabupaten Malang ini sangat mudah untuk dijangkau karena jalan akses menuju lokasinya yang sangat baik. Ada dua rute yang bisa di lewati untuk bisa mencapai Ngliyep, yaitu;

Rute 1 : Malang - Kepanjen - Pagak - Donomulyo - Ngliyep
Rute 2 : Malang - Pakisaji - Sumberpucung - Karangkates - Donomulyo - Ngliyep

Rute pertama yang melewati Kecamatan Pagak merupakan rute terpendek dengan jalan yang cukup baik dan waktu tempuh kurang lebih selama 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi. Di tengah perjalanan sobat juga bisa berhenti sejenak di sekitaran daerah bukit Pagak untuk menikmati indahnya pemandangan di sekitar dengan latar gunung Semeru. Pemandangan di bukit ini sangat luar biasa indah, apalagi jika menikmatinya pada pagi hari. Sebagai acuan rute, sobat bisa melihat peta dibawah ini;



Kebanyakan orang mungkin mengira kalau Ngliyep hanyalah nama sebuah pantai, tapi sebenarnya Ngliyep juga merupakan nama sebuah dukuh di sebuah desa bernama Kedungsalam Kecamatan Donomulyo - Kabupaten Malang. Di kawasan Dukuh Ngliyep ini terdapat beberapa pantai, diantaranya adalah Pasir Panjang, Teluk Putri, Goa Patuk, Watu Lawang dan Pantai Ngliyep sendiri. Di artikel pertama ini malangmbois akan mengulas tentang Pantai Ngliyep yang merupakan pantai utama di kawasan ini. Sedangkan untuk ulasan pantai lain yang ada di Kawasan Ngliyep bisa dibaca melalui daftar artikel di bawah ini;

Pantai Ngliyep merupakan pantai yang dikelola oleh pemerintah Kabupaten Malang. Posisinya berada di tengah-tengah kawasan Ngliyep, berbatasan dengan Pantai Pasir Panjang di sebelah barat dan Pantai Teluk Putri di sebelah timur. Harga tiket masuk Pantai Ngliyep sangat terjangkau, per orang cukup membayar tiket masuk maksimal sebesar 10 ribu rupiah saja ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Pantai Ngliyep merupakan pantai yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan. Foto oleh @dephypus
Pantai Ngliyep merupakan pantai yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan. Foto oleh @dephypus
Menurut sejarah, pantai yang dinamakan Ngliyep ini punya arti tersediri. Ngliyep dalam bahasa jawa bisa diartikan mengantuk. Percaya atau tidak, saat kita berada di kawasan Pantai Ngliyep ini kita akan merasa mengantuk dan malas untuk bergerak melakukan kegiatan. Udara yang sejuk di tambah dengan rindangnya pepohonan di pinggir pantai sangat cocok jika digunakan untuk bersantai. Sobat tinggal mencari tempat yang nyaman di bawah pohon, siapkan alas atau tikar dan jangan lupa bawa beberapa camilan untuk dinikmati. Bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar Pantai Ngliyep seperti ini sudah cukup untuk menyegarkan pikiran dari urusan sehari-hari sobat yang terasa membosankan.

follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Di Pantai Ngliyep sobat bisa menikmati berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat banyak rumah makan di sekitar kawasan pantai, tiolet, beberapa penginapan, mushola dan adanya pendopo yang bisa digunakan untuk acara-acara tertentu. Di Pantai Ngliyep kegiatan yang bisa dilakukan tidak lain adalah bermain di sekitaran bibir pantai. Kegiatan berenang di Pantai Ngliyep masih diperbolehkan, tetapi harus tetap memperhatikan rambu-rambu keselamatan mengingat ombak pantai selatan yang terkenal cukup besar.

Pantai Ngliyep sangat cocok untuk kamu yang suka bersantai. Foto oleh @__rishelia
Selain bermain di sekitaran pantai, kita juga bisa mengabadikan beberapa foto menarik. Pantai Ngliyep menyediakan beberapa spot foto apik yang bisa digunakan untuk berfoto ria. Lalu ada juga beberapa ayunan yang bisa digunakan untuk bermain-main bersama teman, pasangan atau keluarga. Masalah kuliner, di sekitaran pantai terdapat beberapa tempat makan yang menyedikan berbagai macam makanan. Mulai dari makanan instan, makanan olahan tradisional sampai olahan seafood. Harga makanan pun relatif murah alias ramah di kantong. Seafood yang disediakan tentu berasal dari nelayan sekitar sehingga dijamin bahan-bahannya masih segar. Ada berbagai makanan olahan seafood mulai dari ikan kakap, tuna hingga sate gurita. Masalah rasa tidak kalah dengan restoran seafood di kota karena menggunakan resep tradisional khas masyarakat sekitar yang sudah ahli mengolahnya.

Kesimpulan terakhir adalah Pantai Ngliyep memang cocok jika digunakan untuk tempat bersantai dan beristirahat bersama keluarga, teman atau pasangan. Fasilitas lengkap dan rute yang mudah dengan jalur yang cukup baik membuat perjalanan tidak terasa melelahkan. Demikian bahasan pertama dari rangkaian artikel tentang Kawasan Ngliyep. Masih ada beberapa pantai atau spot bagus lain yang bisa sobat simak di Kawasan Ngliyep. Bahasan lainnya bisa sobat simak di tautan atau link yang sudah tertera di bagian atas dari artikel ini.

**** Malang Mbois ****
Previous
Next Post »