Teluk Putri si Pantai Minimalis nan Tersembunyi

Spot foto berupa tiruan perahu dari bambu yang ada di Pantai Teluk Putri. Foto oleh @jhon_aja
Spot foto berupa tiruan perahu dari bambu yang ada di Pantai Teluk Putri. Foto oleh @jhon_aja
Melanjutkan bahasan tentang Kawasan Ngliyep yang ada di artikel sebelumnya, kali ini malangmbois akan mengulas Pantai Teluk Putri yang merupakan salah satu pantai yang cukup tersembunyi di Kawasan Ngliyep. Lokasi tepat dari Pantai Teluk Putri yaitu berada di sebelah timur Pantai Ngliyep. Letaknya tidaklah jauh dari Pantai Ngliyep dan hanya dipisahkan sebuah bukit kecil saja. Sebelumnya jika sobat belum mengetahui rute untuk mencapai Kawasan Ngliyep ini sobat bisa melalui 2 rute berbeda seperti yang sudah dijabarkan di artikel Pantai Ngliyep sebelumnya. Berikut di bawah ini penjabaran rute disertai dengan tampilan peta;

Rute 1 : Malang - Kepanjen - Pagak - Donomulyo - Ngliyep
Rute 2 : Malang - Pakisaji - Sumberpucung - Karangkates - Donomulyo - Ngliyep



Bahasan tentang pantai atau obyek wisata lain di Kawasan Ngliyep juga bisa sobat simak pada daftar tautan/link artikel dibawah ini;

1. Pantai Ngliyep Yang Asyik Untuk Bersantai
2. Teluk Putri si Pantai Minimalis nan Tersembunyi
3. Bertualang di Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang
4. Mencari Ketenangan di Pantai Mungil Goa Patuk Ilang
5. Berjalan Menelusuri Indahnya Pantai Pasir Panjang

Setelah sampai di Kawasan Ngliyep, sobat bisa membayar tiket masuk di loket sebesar sekitar 10 ribu rupiah per orang dan memarkir kendaraan dengan biaya sebesar 5 ribu untuk roda dua dan 10 ribu untuk roda empat. Setelah loket pembayaran, sobat akan menemui persimpangan yang mengarahkan ke Pantai Pasir Panjang dan Pantai Ngliyep. Pilih jalur yang menuju Pantai Ngliyep dan parkirkan kendaraan di lahan parkir yang disediakan oleh pengelola.
Area Pantai Teluk Putri tidak begitu luas tapi memiliki jalur yang cukup sulit. Foto oleh @nahrudin_26
Area Pantai Teluk Putri tidak begitu luas tapi memiliki jalur yang cukup sulit. Foto oleh @nahrudin_26
Dari tempat parkir ini sobat lanjutkan dengan berjalan kaki beberapa puluh meter masuk menuju ke Pantai Ngliyep dan menyusuri bibir pantai sebelum mencapai Pantai Teluk Putri. Di ujung Pantai Ngliyep sebelah timur, sobat akan menemui sebuah jalan setapak yang menaiki sebuah bukit kecil. Jalan ini sudah terdapat anak tangga bersemen yang nyaman untuk dilalui walaupun sehabis hujan.

Pantai Teluk Putri akan sobat temui setelah melewati jalan setapak di bukit ini dan berbelok ke arah kanan atau selatan. Pemandangan pertama yang didapatkan ketika sampai di atas bukit adalah laut lepas berwarna biru yang memukau. Disini Pantai Teluk Putri sudah terlihat dan berada di bawah. Ada sebuah spot foto menarik yang ada di atas Pantai Teluk Putri, yaitu sebuah perahu tiruan yang dibentuk dari bambu-bambu yang disusun. Dari perahu ini kita bisa memandang laut lepas dari ketinggian dan berfoto sambil membayangkan sedang menaiki sebuah perahu disertai hembusan angin pantai selatan.

follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Untuk bisa mencapai bibir Pantai Teluk Putri dibutuhkan sedikit perjuangan karena harus menuruni karang yang cukup terjal dan licin dari monumen perahu tersebut. Dari monumen perahu perjalanan dilanjutkan menuruni bukit menuju teluk. Tanah merah di bukit perlahan akan berubah menjadi karang yang terjal dan licin karena terkena air laut saat pasang naik. Sobat harus berhati-hati saat menuruni karang dan berpijak karena karang di sini cukup tajam.
Pantai Teluk Putri memiliki pasir yang bersih dan sangat halus. Foto oleh @nuriimah
Pantai Teluk Putri memiliki pasir yang bersih dan sangat halus. Foto oleh @nuriimah
Perjuangan menaiki bukit dan menuruni karang terjal akan terbayar dengan pantai di sebuah teluk kecil. Pantai Teluk Putri terbilang minimalis karena wilayahnya tidak terlalu luas dan dikelilingi bukit karang di kanan dan kirinya. Pasir Pantai Teluk Putri terasa sangat lembut dan bersih. Tidak terdapat banyak sampah karena belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan pantai ini. Jika beruntung dan sedang sepi, sobat bisa menikmati pantai ini layaknya pantai pribadi karena tidak ada orang lain yang datang.

Di pantai kita bisa bersantai sambil menikmati pemandangan sekitar. Beristirahat sembari memakan camilan yang dibawa atau bisa juga bermain air. Tapi tetap waspada ketika bermain air di Pantai Teluk Putri mengingat banyaknya karang yang tajam dan ganasnya ombak pantai selatan. Setelah puas berada di Pantai Teluk Putri, sobat bisa melanjutkan petualangan ke sebuah tanjung keren di sebelah timur pantai. Tanjung ini menyajikan pemandangan menuju laut lepas dan 2 buah pulau karang yang berpenghuni sekelompok burung putih yang cantik. Sebelum meninggalkan Pantai Teluk Putri, jangan lupa untuk membawa kembali sampah bekas makanan dan minuman yang sobat bawa supaya keindahan dan kebersihan si pantai minimalis ini tetap terjaga ya.
Sebuah set tempat duduk dan meja yang ada di sebuah tanjung di Pantai Teluk Putri
Sebuah set tempat duduk dan meja yang ada di sebuah tanjung di Pantai Teluk Putri
Kembali ke jalur bukit saat berangkat, sobat bisa mengikuti jalur anak tangga dan naik lebih jauh ke atas bukit ke arah timur hingga menemui sebuah belokan ke kanan atau arah selatan. Di sini akan sobat temui sebuah tanjung yang mengarah ke laut lepas. Pemandangan yang tersaji terlihat begitu fantastis. Dari atas tanjung kita bisa melihat birunya laut lepas dan dua buah pulau karang yang dihuni sekawanan burung putih.  Burung ini tidak lain adalah burung Camar. Sambil duduk di bangku yang disediakan, kita bisa mengamati perilaku burung yang bersarang di pulau karang tersebut. Terdapat sebuah meja dan dua kursi layaknya yang ada di kafe, yang menjadikan kita seolah-olah sedang berada di sebuah kafe outdoor di pinggir pantai. Tempat ini sangat cocok digunakan untuk berfoto bersama dengan latar laut lepas.

Sebagai penutup, malangmbois menilai Pantai Teluk Putri merupakan tempat yang menarik yang ada di Kawasan Ngliyep. Pantai Teluk Putri sangat cocok bagi sobat yang menyukai petualangan dan mendambakan untuk bisa bersantai di pantai yang sepi. Jangan lupa simak juga artikel lain yang membahas obyek lain yang ada di sekitar Kawasan Ngliyep dan Pantai Teluk Putri ya sobat. Daftar tautan/link artikel lain sudah disebutkan sebelumnya di atas.

**** Malang Mbois ****
Previous
Next Post »