Bertualang di Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang

Pantai Watu Lawang bagian barat Gunung Kombang berada di tengahnya. Foto oleh @khakim_sr
Pantai Watu Lawang bagian barat Gunung Kombang berada di tengahnya. Foto oleh @khakim_sr
Artikel ketiga tentang perjalanan malangmbois menelusuri pantai Kawasan Ngliyep akan membahas tentang Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang yang di atasnya terdapat sebuah tempat peribadatan umat Budha. Bagi sobat yang ketinggalan rangkaian artikel yang membahas semua pantai di Kawasan Ngliyep bisa membacanya lewat artikel dibawah ini;

1. Pantai Ngliyep Yang Asyik Untuk Bersantai
2. Teluk Putri si Pantai Minimalis nan Bersih
3. Bertualang di Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang
4. Mencari Ketenangan di Pantai Mungil Goa Patuk Ilang
5. Berjalan Menelusuri Indahnya Pantai Pasir Panjang
Pantai Watu Lawang merupakan bagian paling ujung timur dari Kawasan Ngliyep. Foto oleh @leldhit
Pantai Watu Lawang merupakan bagian paling ujung timur dari Kawasan Ngliyep. Foto oleh @leldhit
Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang berada satu area dengan Pantai Ngliyep, Goa Patuk Ilang, Teluk Putri dan Pasir Panjang. Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang berada di bagian paling timur Kawasan Ngliyep. Jalan beraspal di Kawasan Ngliyep akan berakhir di Pantai Watu Lawang ini. Karena masih dalam satu kawasan dengan Ngliyep, rute menuju Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang sama dengan rute yang sudah disebutkan di artikel sebelumnya, yaitu sebagai berikut;

Rute 1 : Malang - Kepanjen - Pagak - Donomulyo - Ngliyep
Rute 2 : Malang - Pakisaji - Sumberpucung - Karangkates - Donomulyo - Ngliyep



Pembelian tiket juga cukup dilakukan satu kali ketika memasuki Kawasan Ngliyep, yaitu maksimal sebesar 10 ribu rupiah saja per orang ditambah dengan biaya parkir sebesar 5 ribu untuk kendaraan roda dua dan 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

follow instagram kita juga : @malang_mbois  [ klik disini ]

Sesuai dengan namanya, di Pantai Watu Lawang terdapat banyak sekali batu karang di sekelilingnya. Uniknya karang yang terbentuk secara alami ini terlihat begitu rapi dan membentuk sebuah pola tembok penahan ombak. Pada saat air pasang, jajaran karang akan terendam air dan tidak terlihat. Pada saat inilah suara deburan ombak terdengar begitu kencang saat menabrak Gunung Kombang yang berdiri kokoh diantara dua sisi Pantai Watu Lawang. Pemandangan di Pantai Watu Lawang terlihat begitu menyegarkan, terlebih jika sobat datang pada saat cuaca cerah. Banyak warung makan berjajar sepanjang jalan di pinggir pantai Watu Lawang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Sobat bisa memesan kelapa muda dan meminumnya sembari bersantai menikmati pemandangan di pinggir pantai.
Pantai Watu Lawang pada saat air sedang surut. Foto oleh @leldhit
Pantai Watu Lawang pada saat air sedang surut. Foto oleh @leldhit
Pada saat air surut kita akan menemui banyak hal menarik di Pantai Watu Lawang. Banyak biota laut yang muncul di sela-sela karang yang menjadi rumah bagi mereka. Biota laut yang sering muncul pada saat surut diantaranya adalah kepiting, berbagai macam ikan, bintang laut, bulu babi dan lain sebagainya. Tapi sobat harus berhati-hati terhadap bulu babi yang menyelinap di sela-sela karang. Selalu gunakan sandal saat berjalan-jalan di sekitar pantai, karena bulu babi terkadang terlihat samar dan rawan terinjak.
Jembatan yang menghubungkan Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang. Foto oleh @kodokx
Jembatan yang menghubungkan Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang. Foto oleh @kodokx
Beralih ke Gunung Kombang yang berada di seberang pantai. Gunung Kombang dan Pantai Watu Lawang ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu yang panjangnya sekitar 30 hingga 40 meter dengan lebar 1,5 meter. Jembatan kayu ini bisa menjadi spot foto menarik bagi sobat yang suka berswafoto. Di ujung jembatan akan ada sebuah gapura yang di atasnya terdapat sebuah tulisan yang menunjukkan nama gunung yang berdiri di belakangnya. Gunung Kombang sejatinya merupakan sebuah pulau yang berdekatan dengan bibir Pantai Watu Lawang. Namun karena bentuknya yang tinggi menjulang khas pulau karang di pantai selatan, maka pulau ini dianggap masyarakat sekitar sebagai sebuah gunung. Jalan berundak di Gunung Kombang sudah dibangun dengan baik sehingga memudahkan wisatawan maupun orang-orang yang hendak beribadah di pura yang terletak di puncak.

Sepanjang perjalanan menuju puncak Gunung Kombang, udara terasa begitu sejuk walaupun matahari sedang terik. Banyak pohon rindang yang berdiri di kedua sisi sepanjang tangga naik. Spot pertama yang bisa ditemui di Gunung Kombang adalah spot yang menghadap pantai Watu Lawang sebelah barat. Di sini sobat bisa mengambil beberapa foto dengan latar pantai Watu Lawang dan Pantai Goa Patuk Ilang. Namun berhati-hatilah ketika sedang mengambil foto terutama saat air sedang pasang karena gelombang ombak yang besar bisa sangat membahayakan. Banyak rambu yang dipasang di Gunung Kombang berisikan peringatan tentang bahaya ombak yang besar.

Spot kedua di bagian atas Gunung Kombang. Foto oleh @meyz
Spot kedua di bagian atas Gunung Kombang. Foto oleh @meyz
Spot kedua berada lebih tinggi dari spot pertama dengan pemandangan yang menghadap laut lepas dan dua buah pulau karang yang menjulang tinggi. Dua pulau ini dihuni oleh sekawanan burung camar berwarna putih. Disini kita bisa menikmati keindahan laut lepas sembari mengamati burung-burung yang beterbangan di sekitar pulau karang. Spot ini sekaligus menjadi tempat sembayang dan melarung sesajen bagi orang-orang yang beribadah di Gunung Kombang. Di akhir perjalanan atau di puncak Gunung Kombang, sobat akan menemukan sebuah rumah peribadatan. Di sini tidak ada pemandangan yang bisa dilihat karena sekeliling bangunan terdapat banyak pohon rindang yang menutupi pandangan. Jadi spot kedua di Gunung Kombang adalah spot terakhir yang bisa dinikmati keindahannya. Sedangkan untuk puncak Gunung Kombang memang dikhususkan sebagai tempat peribadatan saja.

Demikian ulasan tentang Pantai Watu Lawang dan Gunung Kombang yang bisa jadi satu tempat menarik yang bisa dikunjungi. Silakan membaca artikel lain terkait obyek wisata yang ada di sekitar Kawasan Ngliyep di link atau tautan yang sudah kami sediakan di bagian atas artikel ini.

**** Malang Mbois ****
Previous
Next Post »