Pengembangan Wisata Alam dan Komoditi Kopi di Desa Pait Kecamatan Kasembon

KKN 106 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG DALAM PENGEMBANGAN PROGRAM UNGGULAN “EKOWISATA DAN PEMBERDAYAAN KOMODITI KOPI”

Source: KKN UMM 106
Source: KKN UMM 106

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan tahunan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dengan diikuti oleh seluruh mahasiswa angkatan 2015. Pada kesempatan ini, kelompok KKN 106 di tempatkan di Desa Pait Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang untuk melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kelompok KKN 106 UMM, dengan mengangkat 2 program unggulan yaitu Ekowisata dan Pemberdayaan petani kopi.

Desa Pait yang terletak di Kec, Kasembon ini memiliki potensi alam yang begitu besar. Secara geografis, Desa ini didominasi oleh kawasan hutan seluas 1.126,736 ha dan disusul oleh kawasan sawah dan lahan / tegalan dengan luas 449,753 ha. dengan kekayaan sumber daya alam yang yang sangat berlimpah menjadikan hutan dan lahan pertanian sebagai sumber mata pencaharian.

Selain itu Desa Pait juga memiki beberapa tempat yang dapat dijadikan sebagai objek wisata.
Coban Bara’an dan Coban Tangkil merupakan dua objek yang berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata. Coban Bara’an sendiri terletak di dusun Bara’an yang berjarak 3 km dari dusun Bara’an yang hanya dapat dilalui dengan berjalan kaki. Sedangkan Coban Tangkil terletak di Dusun Tangkil dan keadaan Coban ini hampir sama dengan keadaan Coban Bara’an yang belum tersentuh oleh warga. Selain itu di Desa Pait juga terdapat objek wisata Sendang dan wisata tubing

Secara geografis Desa Pait juga terletak  di dataran tinggi. Sehingga Desa ini dikenal sebagai penghasil kopi, durian, cengkeh dan susu. Kopi Desa Pait memiliki jenis varian kopi yang beragam, seperti Excelsa, Arabica, PB Stek. Namun, produk unggulan dari Desa Pait ini yaitu berupa kopi Excelsa. Kopi Excelsa ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dari kopi pada umumnya, yaitu memiliki rasa yang cenderung mirip seperti buah nangka. Seperti yang kita ketahui bahwa kopi merupakan produk yang banyak dikonsumsi oleh semua kalangan masyarakat. Seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat saat ini yang cenderung menjadikan kopi sebagai salah satu minuman yang dapat dikonsumsi kapan saja menjadikan kopi sebagai komoditas yang layak untuk dikembangkan dikarenakan memiliki potensi untuk mensejahteraan petani kopi khususnya di Desa Pait.

Source: KKN 106 UMM, 2018.
Source: KKN 106 UMM, 2018.

KKN 106 UMM yang bertempat di desa Pait berupaya dalam pemberdayaan petani kopi serta membranding produk kopi “Excelsa” dan pengembangan ekowisata. Pada kesempatan ini, pemberdayaan kopi dilakukan dengan memberikan pemahaman dan wawasan kepada petani kopi serta membantu dalam memberikan pengarahan terhadap sistem pemasaran yang lebih luas. Kemudian, terkait pengembangan wisata Desa Pait memiliki beberapa objek wisata yang indah dan masih alami. Dengan hadirnya kelompok KKN 106 UMM ini memberikan dampak positif terhadap masyarakat desa. Selama  2 minggu di Desa Pait ini, KKN 106 melakukan upaya branding produk kopi dengan cara ikut serta dalam mempromosikan kopi Pait itu sendiri melalui media publikasi, sosial media serta turun langsung ke lapangan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat luas bahwa desa Pait memiliki potensi kopi yang besar.




Dosen Pembimbing Lapang : Teguh Hadi Saputro, M. A.
Penyunting : Div Humas & PDD KKN 106 UMM 2018





*** MalangMbois ***
Previous
Next Post »